Saturday, October 22, 2011

Testing Samsung GALAXY Tab

Beberapa hari yang lalu kebetulan ada GALAXY Tab nangkring di meja kerja. Memang kebetulan aja lagi ada test drive aplikasi baru bikinan kantor di Android, MARS Droid -- aplikasi untuk salesman untuk taking order dari customer. Momen seperti inilah yang tidak boleh disia-siakan oleh para gadget-mania.  Hehehe ... sebenarnya bingung juga dengan Tab ini. Apakah Tab itu termasuk ke dalam spesies Pocket PC, Smartphone atau handphone super guedhe karena dulu pernah ditinggal di rumahnya Mak Er*t??? Tuh kan ngaco, mending langsung ke reviewnya aja deh.

Kereen ... itulah kesan pertama saat melihatnya. Bentuknya begitu minimalis dan tipis dengan balutan warna hitam di casing depan dan warna putih di bagian belakang. Mirip dengan yin-yang. Beratnya pun masih termasuk ringan cuma 0,38 kg. Simbol merk pun terpampang di bagian atas yang disandingkan dengan Front Camera 1.3 Megapixel dan tombol On/Off di sisi sebaliknya. Di bagian bawah terdapat 4 tombol dengan aktifasi touch -- Home, Menu, Back dan Google Search, dengan backlight white glamour. Layar full touch sebesar 7" dengan balutan Gorilla Glass yang tahan terhadap goresan debu dan air.

Di bagian belakang ada kamera utama dengan kemampuan 3 Megapixel disertai Autofocus dan Flashlight. Hasil foto di dalam ruangan dengan cukup cahaya bisa di-capture dengan bagus. Jika kurang cahaya pun bisa diakali dengan Flashlight. Hasilnya tidak jauh beda dengan kamera pocket jaman sekarang. Kamera ini mendukung Video Camcorder dengan 30 fps dan 720x480 pixel. Sayangnya, jika saat merekam video di indoor dengan kurang cahaya saat malam hari, tampilannya akan gelap dan kurang bagus.

GALAXY Tab yang saya testing ini dibekali dengan CPU 1 GHz dengan OS Android 2.3 Gingerbread. Saat dites dengan MARS Droid, aplikasi berjalan lancar walaupun masih freeze selama kurang lebih 1 detik. (Mungkin Tab-nya pusing mikirin aplikasi-apa-ini kok dimasukin ke dalamnya, untung Tab-nya ga ngambek). Memory internalnya sebesar 16 GB, lebih dari cukup untuk musik dan video. Sedangkan memory eksternalnya yang didukung adalah MicroSD hingga mencapai 32 GB. Saat dicoba menggunakan MicroSD dari ponsel butut saya yang cuma 1 GB, langsung dikenali dan restart untuk bisa loading data-data yang ada di dalamnya. Sayangnya, setelah memori dipasang ke Android, maka di dalam memori tsb akan ada folder .android_secure dan LOST.DIR yang mengganggu.

Speaker utama pun juga dibenamkan di bagian bawah dengan Loudspeaker. Sedangkan tombol pengatur Volume ada di bagian kanan bersama slot SIM Card. Untuk tes speaker, saya play Boom Boom Pow dari Black Eyed Peas dan ... bass-nya terasa, cuy. Pilihan Equalizer-nya pun variatif, bisa disesuaikan dengan lagu yang sedang diputar. Volume level 3 atau 4 saja sudah keras banget, tidak seperti ponsel butut saya. (Meskipun butut tapi tetep disayang-sayang laah).

Spesifikasi lebih lengkap bisa langsung dicek di TKP. Tab ini dibanderol dengan harga 4 jutaan (Agustus 2011). Overall, GALAXY Tab keren lah. Baik dari segi multimedia, dimensi, harga dan kemampuan yang dibenamkan lebih dari bagus. Patut untuk dicoba dan cocok dimiliki untuk para pebisnis.

No comments: